Kamis, 26 Desember 2013

Pengukuran pH dan EC dalam Media Tanam

 Oleh  : Adri Aji

Cara yang paling mudah untuk mengukur tahapan nutrisi dan pH dalam media tanam adalah dengan aturan 1:1,5 Extraction Method. EC dan pH di sekitar perakaran bisa diketahui dengan cara ini. Nilai pH dan EC dari air nutrisi biasanya akan berubah setelah nutrisi menyiram media tanam, hal ini disebabkan karena cocopeat bersifat menyimpan dan melepaskan nutrisi.

  1. Ambil media tanam (cocopeat + arang sekam) di sekitar zona akar dari beberapa polibag dengan sendok (pokoknya jangan pakai tangan). Lakukan pengambilan media tanam 1/2 jam setelah pemupukan.
  2. Masukkan dalam mangkok atau wadah plastik, ini untuk mengecek kelembapan media apakah sudah tercukupi atau belum.
  3. Kepal2 cocopeat. Jika dalam kepalan terasa ada air yang menetes, berarti kelembapan sudah sesuai. Tetapi kalau terasa kering, campur sedikit air bersih (drinking water).
  4. Gunakan kotak/wadah dari kaca atau wadah plastik transparan. Beri tanda pada wadah untuk ukuran air 250mL, dan setelah ditandai airnya dibuang.
  5. Isikan dengan air bersih sebanyak 150mL, isikan cocopeat tadi hingga setinggi tanda 250mL tadi, aduk hingga homogen dan biarkan sabut itu mengendap, biarkan selama 2 jam.
  6. Selepas 2 jam aduk2 lagi dan ambil pH meter.
  7. Tiriskan cocopeat dan ambil airnya, ukur EC air.

Pengecekan lebih baik dilakukan pada 3-4 minggu setelah tanam. Dan untuk tes ini, target :
  • EC yang sesuai adalah 1.1 - 1.3 (air perasan media)
  • pH dalam lingkungan adalah 5.3 - 6.2

Jika EC terlalu tinggi artinya media dalam keadaan EC yang tinggi, dan ini bisa menyebabkan tanaman stress terutama pada penyerapan nutrisi. Jalan keluarnya adalah pembilasan media secara berkala yakni dengan penyiraman air biasa.

2 komentar:

jual alat ukur mengatakan...

kalau butuh alat ph tanah yang digital kami ada gan
kunjungi www.trijinx.com

Jual Alat Ukur Online

Arang Sekam mengatakan...

arang sekam sangat baik untuk pertumbuhan tanaman ... pokoknya okedeh,,,
kami produsen arang sekam..

Salam sukses (y)